Rabu, 30 Desember 2009

SUPERVISI PENDIDIKAN: Mewujudkan Sekolah Efektif dalam Kerangka Manajemen Berbasis Sekolah

Ind 

Ringkasan 

Buku Supervisi Pendidikan : Mewujudkan Sekolah Efektif dalam Kerangka Manajemen Berbasis Sekolah, merupakan buku referensi yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama memuat beberapa hal yang merupakan filosofi dan pertimbangan mendasar mendasar perlunya supervisi pendidikan, paradigma baru sistem pembinaan dan pengembangan pendidikan, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Sedangkan bagian kedua, membahas hal – hal yang bersifat teknis mengenai supervisi pendidikan sesuai dengan kondisi nyata di lapangan. Buku ini sangat penting bagi pejabat Dinas Pendidikan, pengawas, kepala sekolah, guru dan siapa saja yang pekerjaannya terkait dengan supervisi pendidikan, untuk mengetahui filosofi, konsep dasar dan teknik serta aspek – aspek supervisi di bidang pendidikan sejalan dengan paradigma baru sistem pengelolaan dan pembinaan pendidikan. 


Prakata 

Manajemen Berbasis Sekolah yang merupakan refleksi pergeseran paradigma sistem pengelolaan dan pembinaan pendidikan dari centralized system menuju decentralized system menuntut kesadaran, komitmen, dan keterlibatan semua pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan untuk saling bekerja sama dan membangun sinergi mewujudkan sekolah efektif. Supervisor, sebagai salah satu pemangku kepentingan pendidikan, memiliki peran yang amat penting dalam mewujudkan sekolah efektif dalam kerangka Manajemen Berbasis Sekolah, yang ditandai oleh pembelajaran yang bernuansa  Aktif, Senang, Interaktif dan Kreatif  sehingga Efektif (ASIK – Efektif) dalam mencapai tujuan pembelajaran. Peran dan keberadaan supervisor semakin diperlukan tidak hanya untuk memberikan bimbingan, bantuan dan pembinaan kepada guru untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan pembelajaran, tetapi yang lebih penting adalah sebagai “perekat” (glue) bagi warga sekolah, sehingga dapat saling bekerja sama mendukung tercapainya tujuan sekolah. Namun demikian, implementasi supervisi di lapangan masih sangat bervariasi. Bahkan di beberapa sekolah, supervisi tidak dapat berjalan dengan optimal dan efektif dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain kurang memadainya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman supervisor, termasuk pengawas dan kepala sekolah, maupun pemahaman guru tentang supervisi yang belum memadai. Oleh karena itu, baik supervisor maupun guru dan pihak – pihak yang disupervisi perlu secara pro aktif menambah pengetahuan dan pemahaman mereka tentang supervisi agar terjalin keterpaduan dan kerjasama sinergi dalam menunjang pelaksanaan supervisi di sekolah.Buku ini merupakan buku referensi bagi supervisor (pengawas, penilik, kepala sekolah), guru atau siapa saja yang pekerjaannya terkait dengan kegiatan supervisi di bidang pendidikan. Buku ini memuat filosofi dan pertimbangan mendasar perlunya supervisi pendidikan, mulai dari reformasi pendidikan, paradigma baru sistem pembinaan dan pengembangan pendidikan, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan sekolah efektif, peran supervisi dalam mewujudkan sekolah efektif dalam kerangka MBS. Di samping itu, buku ini juga memuat hal – hal yang lebih bersifat teknis mengenai supervisi pendidikan, yang disesuaikan dengan paradigma baru supervisi pendidikan, serta kiat – kiat dan saran bagaimana supervisor dapat melaksanakan supervisi dengan baik dan efektif. Saya berharap buku ini dapat memberikan manfaat bagi supervisor – pengawas, penilik, kepala sekolah – dan guru, serta pihak – pihak lain yang terkait dengan kegiatan supervisi sebagai salah satu bahan rujukan untuk menambah wawasan tentang supervisi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar