Rabu, 30 Desember 2009

KEBERADAAN TIK PEMBELAJARAN HARUS DIBERANGI DENGAN SDM GURU BERKUALITAS

Kamis, 05 November 2009 15:39
(Diskominfo-PDE Online) Untuk dapat memanfaatkan dan mendayagunakan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran dan sumber belajar, khusunya media komputer, perlu adanya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini guru yang akrab dengan berbagai media tersebut dan mempu mengelola, memanfaatkan dan mendayagunakan media tersebut dalam proses pembelajaran.
Hal ini dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (UPT TKP) Dinas Pendidikan (Disdik) Riau Hj Emillia MS SH MSi dalam sambutannya pada pembukaan acara Pelatihan Komputer Dasar dan Internet untuk guru SD,SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Riau Rabu (4/11) malam di Hotel Bumi Asih Pekanbaru. "Untuk dapat memanfaatkan TIK baik sebagai media pembelajaran maupun sebagai sumber belajar, perlu adanya kesiapan baik infrastruktur maupun manusianya," Kata Emilia.
Dijelaskannya, Dari hasil penjaringan dan pendataan terhadap pemanfaatan dan pendayagunaan media pendidikan berbasik TIK serta evaluasi terhadap hasil pelatihan tahun sebelumnya, diperoleh bahwa masih banyak guru, terutama pada tingkat SD dan SMP yang belum memiliki kompetensi dibidang TIK. Pemanfaatan dan pendayagunaan media komputer sebagai sumber belajar dan media pembelajaran di sekolah masih belum optimal.

"Dan juga pelaksanaan pelatihan ditanggapi positif oleh peserta, serta guru menyadari bahwa memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran sangat penting dan berpeluang besar dalam memacu peningkatan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan. Karena itu pulalah salah satu alasannya megnapa kita mengadakan acara ini," ujarnya.

Karena itulah menurut Emillia acara yang diikuti 30 orang ini bertujuan untuk membangun dan mempersiapkan SDM guru yang memiliki kompetensi di bidang TIK serta yang mampu mengelola, membuat, mendayagunakan dan memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar." Hasil yang kita harapkan dari acara ini adalah terlatihnya para guru dibidang TIK, mampu meningkatnya kreatifitas guru dalam merancang dan mengembangkan media sesuai dan dibutuhkan dalam proses pembelajaran," tukasnya. (risa)

Dinas Komunikasi, Informatika dan Pengolahan Data Elektronik Provinsi Riau
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar